Idear, apakah kalian sering jadi korban Give A Way? Konon katanya, program Give A Way adalah salah satu trik untuk meramaikan instagram atau akun sosmed lainnya. Give A Way dipercaya mampu menaikkan follower, jumlah like, dan menyundul postingan akun kita. Jadi, kalian jangan heran kalau betebaran Give A Way di akun ol-shop. Bagi-bagi produk dengan ketentuan like, repost, comment, hingga tag teman.

Nah, bagiku yang paling menganggu di dunia perhelatan medsos adalah kewajiban tag teman. Gegara ketentuan ini, yang tidak ikutan Give A Way juga berimbas. Iya kan? Mungkin dampaknya akan baik buat si ol-shop. Teori marketingnya, produk akan lebih dipercaya jika yang merekomendasikan adalah orang terdekat. Tapi dampak yang nomor sekian selain itu adalah tingkat jenuh dan jengkelnya seseorang. Minimal menurutku.

Teman di kantor ada yang doyan banget ikutan Give A Way. Hampir setiap pekan bahkan kadang dua atau tiga hari berturut-turut dia selalu ikutan. Lama-lama terbiasa, tapi awalnya tidak. Selalu kaget saat ada notifikasi tag darinya.

Ya, namanya teman, kirain ada sesuatu yang penting atau seru saat kita di-tag teman kan? Biasanya respon tercepat adalah membuka langsung begitu ada notifikasi tag. Dan bisa diingat-ingat, betapa kecewanya saat tahu ternyata kita di-tag hanya untuk dia dapat hadiah dari Give A Way.

“Memang dapat?” Aku pernah bertanya dengan kesal level sedang.

Temanku itu hanya tertawa, cengar-cengir sambil menggeleng.

Setelah kejadian itu, kukira selesailah keisengannya nge-tag teman untuk ikutan Give A Way. Ternyata tidak!!!! Seperti semangat yang tidak pernah punah bahkan terus berkobar, bahkan saat satu kali saja dia dapat Give A Way, sepertinya candu menjangkitinya. Huuffthh!!!

Lama-lama, aku abai saja dengan tag-tag dia. Bahkan kalau dia tag hal seru, poto liburan bersama misalnya, aku selalu ketinggalan merespon. Salah sendiri biasa tag untuk Give A Way, tapi kalau pas benar-benar tag, aku juga ketinggalan sih jadinya. Wkwkwk!

Oke, buat para pemburu Give A Way, ini aku punya tips buat kalian agar pertemananmu tidak hancur gegara Give A Way:

  1. Konfirmasi temanmu sebelum kamu tag dia (biar dia tidak deg-deg saat kamu tag)
  2. Tag temanmu yang kadar kepekaannya rendah. Hehehe…. (resikonya lebih ringan)
  3. Tag temanmu yang juga sering ikutan Give A Way (lebih tepat sasaran ini yes)

Dan bagi kita (aku dan kamu. Ciiee..) yang sering jadi korban tag untuk Give A Way, lakukan ini:

  1. Buatlah datfar teman-temanmu yang suka ikutan Give A Way (segitunya…..)
  2. Siapkan mental, jangan gampang kaget dengan notifikasi dari mereka
  3. Buat perjanjian dengan temanmu itu untuk berbagi hadiah hasil Give A Way. (ini terpenting yes!)

Baiklah, itu saja share kali ini. Semoga bermanfaat! Salam buat para pejuang Give A Way! Semangatmu luar biasa, teman-teman![]